At-Tibyan #14 | Perintah Menghormati Seseorang dengan Melihat pada Agamanya

  • By Sinwan
  • Kuliah Abuya
  • 1 year ago

At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an #14

Perintah Menghormati Seseorang dengan Melihat pada Agamanya

 

و عن عإشة رضي الله عنهما قالت أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم : ان ننزل الناس منازلهم

Dari Sayyidatuna Aisyah R.A, bahwa Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk memnempatkan manusia sesuai dengan kedudukannya masing-masing.

Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam kitab As-Sunnah dan Al-Bazar didalam kitab musnadnya. Dan Al-Hakim Abu Abdillah berkata dalam Ulum Al-Hadits.

Kita harus menjaga kehormatan seseorang atas masing-masing kedudukan yang mareka miliki. Bersikaplah kepada mereka dengan menyesuaikan mereka di dalam ilmu, umur dan agama.

Jangan menyamakan antara seseorang yang berkhidmah dengan orang yang di khidmahi, pemimpin dengan yang di pimpin, dan seterusnya. Karena jika disamakan bisa menimbulkan permusuhan dan dendam.

Kita harus melihat kemuliaan atau kehormatnaitu dari sisi agamanya. Karena jika hormat kepada orang melihat dari sisi kedudukan,jabatan dan duniawinya, maka itu semua tidak ada nilainya.

Sebab Rasulullah SAW juga pernah bersabda, “Barangsiapa yang tawadhu’ kepada orang kaya yang  sholeh,tetapi hormatnya karena kekayaan orang itu,maka hilanglah dua per tiga dari agamanya.”

 

 

Untuk penjelasan lebih lengkapnya dapat dilihat di channel youtube PPSQ Asy-Syadzili 1.

 

Kategori :Kuliah Abuya
Penulis :Almazy